Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool

Google sebagai search engine terbesar di dunia sangat ampuh dalam mendatangkan traffik blog.Namun karena banyaknya saingan yang mempunyai blog dan website sekarang sudah menjamur sehingga harus melalui persaingan yang cukup berat.

Namun Google memberikan wadah bagi penggunanya dalam bersaing sehat merebut perhatiannya.Walaupun ada beberapa blogger yang mempunyai cara-cara tertentu untuk mendapatkan trafik yang lebih tinggi.Salah satu wadahnya untuk bersaingan pun diberikan google webmaster tool.

Namun anda yang mengetahui trik dan cara menggunakan webmaster tool dan submit website anda terlebih dulu.Langkah tersebut harus anda lakukan terlebih dulu sebelum mengetahui Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool.

Apa Itu Sitemap
Sebelum anda melanjutkan langkah-langkah tersebut anda mungkin ada yang bertanya apa itu sitemap.Sitemap adalah daftar isi url yang anda miliki beserta metadatanya.Sehingga anda ataupun pengunjung lebih mudah mencari kriteria artikel yang ingin mereka kunjungi dan baca.

Untuk itu kita membutuhkan artikel terindex dan terbaca oleh google agar google dengan mudah merayapi atau melakukan crawl ke blog kita.Namun yang harus kita pahami sitemap yang akan kita submit berupa file xml.

Sitemap berupa xml akan lebih mudah terbaca oleh google karena mengandung metadata yang memberikan izin ke google untuk merayapi setiap ada postingan baru.

Web crawler akan menemukan halaman sebuah situs dari link yang  di dalamnya ada dan dari situs yang lain. Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing- masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya.

Karena kelabihannya itu pun kita akan mendapat nilai lebih dan menjadi penting untuk mendaftarkan ke google webmaster tool agar artikel anda cepat terindex oleh google.Ini adalah seo yang paling murah dan sekaligus ampuh yang sangat disukai blogger Indonesia khususnya.

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool
Mungkin sudah banyak dan sering yang membuat artikel dan pembahasan ini namun tidak ada salahnya saya pribadi memasukkan kembali pembahasan ini.
  1. Buka dulu situs Google Webmaster Tool
  2. Pada dashboard anda pilih crawl lalu pilih sitemap
  3. Setelah itu tambahkan kode " sitemap.xml " di belakang website anda seperti pada gambar kemudian submit untuk mengakhirinya.

    Lebih Dekat


    4. Anda tunggu saja hasilnya sampai proses ini anda sudah melakukan submit sitemap.

    Dengan menerapkan cara diatas blog anda akan lebih seo friendly.Sekarang anda hanya perlu menambah intensitas artikel anda sehingga google akan lebih sering melakukan crawl di blog maupun website anda.Jika jumlah crawl semakin banyak keyword menuju situs anda pun akan semakin banyak.Ini tentunya akan membuat peluang anda mendapatkan pengunjung dan trafik menjadi lebih besar.




Title: Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-05-27T07:02:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool "

Post a Comment